Tak
sedikit para pengiklan atau digital marketer memakai iklan Facebook. Hal ini
tentu saja membuat persaingan menjadi lebih ketat setiap waktu. Sebab lebih
banyak para pengiklan yang mulai menyadari pentingnya beriklan lewat facebook,
dengan meningkatnya kompetisi secara cepat tentu saja membuat campaign iklan
sebelumnya menjadi upaya yang sia-sia dan hanya menghabiskan anggaran. Ada
beberapa tips paling efektif, untuk membuat desain iklan facebook lebih
menarik, sehingga bisa meningkatkan hasrat pembeli untuk memburu produk Anda :
1.
Lakukan Tes Pada Beberapa Desain
Tak
peduli apapun keahlian yang Anda miliki ataukah berapa lama waktu Anda beriklan
lewat facebook, tentu harus selalu melakukan tes, entah itu penargetannya
ataupun desain iklannya. Setiap Anda menciptakan campaign iklan yang baru,
sebaiknya luangkan waktu senggang Anda untuk membuat minimal 4 desain iklan
facebook yang berbeda. Selanjutnya Anda tinggal melakukan tes pada tiap-tiap
desain tersebut. Misalnya, Anda dapat menguji 2 gambar desain berbeda lewat 2
teks copywriting berbeda pula. Lewat tes ini, Anda dapat membuktikan gambar
iklan yang lebih banyak meraih comment atau like, atau keduanya.
2.
Membuat Persona Konsumen
Kebanyakan
perusahaan mempunyai berbagai macam konsumen yang memiliki kebutuhan berbeda.
Melaui persona pembeli inilah, Anda tak hanya dapat meningkatkan desain pada
iklan facebook yang Anda miliki, melainkan juga dapat melayani customer lebih
baik. Pada setiap customer yang potensial, Anda bisa menulis personanya. Apakah
jenis kelaminnya? apa pekerjaannya atau jabatannya? dan lain sebagainya. Jika
Anda sudah membuat persona konsumen Anda, lakukan desain iklan di facebook
untuk tiap-tiap pesona, tentunya yang langsung menuju pada masalah customer
Anda.
3.
Manfaatkan Call to Action
Menambahkan
iklan facebook mungkin tak bisa membuat iklan facebook Anda terkesan lebih
menarik. Namun hal tersebut dapat memungkinkan tingkat konversi meningkat
secara keseluruhan. Selain itu juga dapat meminimalisir biaya tiap konversinya.
Alasannya dikarenakan dengan call to action ini dapat memudahkan para
penggunanya. Apabila pengguna melakukan klik pada iklan Anda lalu sampai pada
landing page. hal ini tak akan membuang banyak waktu konsumen untuk mencari
sesuatu yang harus mereka lakukan.
4.
Memilih Gambar Iklan yang Menarik
Tips
desain iklan facebook selanjutnya adalah Anda harus memperhatikan gambar pada
iklan facebook Anda. Image yang tepat bisa langsung menarik mata konsumen, lalu
iklan yang Anda pasang pun langsung diklik oleh pengguna. Maka dari itu, Anda
harus hati-hati saat memilih gambar iklan yang tampak terlalu menonjol. Selain
itu, Anda juga bisa mencoba menambahkan beberapa konten visual yang bersifat
kontras. Taktik seperti ini, memang tampak terlihat spamming, karena itulah
dapat membuat branding produk menjadi buruk. Akan tetapi, hal tersebut
cenderung lebih bekerja. Satu hal yang pasti, strategi paling baik untuk
menyiasatinya yaitu dengan memakai fitur seperti filter instagram dalam gambar
Anda. Anda harus lebih kratif namun perlu diingat, walaupun gambar harus tampak
menonjol, namun sebaiknya tak terlalu kuat.
5.
Konsisten
Seperti
halnya call to action, Anda juga harus konsisten dengan desain iklan facebook
yang Anda buat. dengan konsistensi ini tentu saja bisa membantu pengguna untuk
menyelesaikan action sesuai keinginan. Apabila seseorang melakukan klik pada
iklan Anda, hal tersebut dikarenakan mereka menyukai pesan, gambar dan apa saja
yang ditawarkan. Sesudah mengklik, konsumen harus sampai ke landing page untuk
memperkuat apa saja yang dilihat pada iklan. Anda bisa memakai gambar serta
kata-kata serupa, hanya dengan memberikan penjelasan produk secara mendalam dan
berikan alasan kenapa mereka perlu membelinya.
EmoticonEmoticon