Friday, April 19, 2019

Trik Desain Iklan Facebook Menarik Agar Menghasilkan Konversi



Tak sedikit para pengiklan atau digital marketer memakai iklan Facebook. Hal ini tentu saja membuat persaingan menjadi lebih ketat setiap waktu. Sebab lebih banyak para pengiklan yang mulai menyadari pentingnya beriklan lewat facebook, dengan meningkatnya kompetisi secara cepat tentu saja membuat campaign iklan sebelumnya menjadi upaya yang sia-sia dan hanya menghabiskan anggaran. Ada beberapa tips paling efektif, untuk membuat desain iklan facebook lebih menarik, sehingga bisa meningkatkan hasrat pembeli untuk memburu produk Anda :

1. Lakukan Tes Pada Beberapa Desain
Tak peduli apapun keahlian yang Anda miliki ataukah berapa lama waktu Anda beriklan lewat facebook, tentu harus selalu melakukan tes, entah itu penargetannya ataupun desain iklannya. Setiap Anda menciptakan campaign iklan yang baru, sebaiknya luangkan waktu senggang Anda untuk membuat minimal 4 desain iklan facebook yang berbeda. Selanjutnya Anda tinggal melakukan tes pada tiap-tiap desain tersebut. Misalnya, Anda dapat menguji 2 gambar desain berbeda lewat 2 teks copywriting berbeda pula. Lewat tes ini, Anda dapat membuktikan gambar iklan yang lebih banyak meraih comment atau like, atau keduanya.

2. Membuat Persona Konsumen
Kebanyakan perusahaan mempunyai berbagai macam konsumen yang memiliki kebutuhan berbeda. Melaui persona pembeli inilah, Anda tak hanya dapat meningkatkan desain pada iklan facebook yang Anda miliki, melainkan juga dapat melayani customer lebih baik. Pada setiap customer yang potensial, Anda bisa menulis personanya. Apakah jenis kelaminnya? apa pekerjaannya atau jabatannya? dan lain sebagainya. Jika Anda sudah membuat persona konsumen Anda, lakukan desain iklan di facebook untuk tiap-tiap pesona, tentunya yang langsung menuju pada masalah customer Anda.

3. Manfaatkan Call to Action
Menambahkan iklan facebook mungkin tak bisa membuat iklan facebook Anda terkesan lebih menarik. Namun hal tersebut dapat memungkinkan tingkat konversi meningkat secara keseluruhan. Selain itu juga dapat meminimalisir biaya tiap konversinya. Alasannya dikarenakan dengan call to action ini dapat memudahkan para penggunanya. Apabila pengguna melakukan klik pada iklan Anda lalu sampai pada landing page. hal ini tak akan membuang banyak waktu konsumen untuk mencari sesuatu yang harus mereka lakukan.

4. Memilih Gambar Iklan yang Menarik
Tips desain iklan facebook selanjutnya adalah Anda harus memperhatikan gambar pada iklan facebook Anda. Image yang tepat bisa langsung menarik mata konsumen, lalu iklan yang Anda pasang pun langsung diklik oleh pengguna. Maka dari itu, Anda harus hati-hati saat memilih gambar iklan yang tampak terlalu menonjol. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menambahkan beberapa konten visual yang bersifat kontras. Taktik seperti ini, memang tampak terlihat spamming, karena itulah dapat membuat branding produk menjadi buruk. Akan tetapi, hal tersebut cenderung lebih bekerja. Satu hal yang pasti, strategi paling baik untuk menyiasatinya yaitu dengan memakai fitur seperti filter instagram dalam gambar Anda. Anda harus lebih kratif namun perlu diingat, walaupun gambar harus tampak menonjol, namun sebaiknya tak terlalu kuat.

5. Konsisten
Seperti halnya call to action, Anda juga harus konsisten dengan desain iklan facebook yang Anda buat. dengan konsistensi ini tentu saja bisa membantu pengguna untuk menyelesaikan action sesuai keinginan. Apabila seseorang melakukan klik pada iklan Anda, hal tersebut dikarenakan mereka menyukai pesan, gambar dan apa saja yang ditawarkan. Sesudah mengklik, konsumen harus sampai ke landing page untuk memperkuat apa saja yang dilihat pada iklan. Anda bisa memakai gambar serta kata-kata serupa, hanya dengan memberikan penjelasan produk secara mendalam dan berikan alasan kenapa mereka perlu membelinya.




EmoticonEmoticon